Kamis, 09 Januari 2014

ONE WEEK ONE BOOK - periode 1

mmmm..... Saya jadi bingung sendiri mana tulisan yang terbaik, karena memang Saya tidak menyampaikan kriteria pemenang, Saya hanya meminta untuk menulis lepas saja, sehingga mana yang terbaik memang subyektif dari pandangan pribadi. 

Ide OWOB muncul dengan tujuan mengajak sekitar untuk meningkatkan minat baca, karena, Saya pribadi merasakan banyak manfaat dari membaca. Namun, pasca membaca, bagaimana agar membekas dan terwariskan ilmu yg sudah didapat dari membaca itu - maka tulislah dan amalkanlah. itu sih konsepnya, yang selama ini Saya lakukan. 

Pada diri Saya pribadi misalnya, dengan membaca Notes From Qatar 2 oleh Muhammad Assad yang tagline-nya Honest, Humble, Helpful - salah satu yang sangat bermakna adalah sebuah pengertian 'honest' 'yang ia sampaikan bahwa "Jujur bisa diartikan sebagai adanya keselarasan antara yang terucap dengan kenyataan dan perbuatan." Jadi, kalau apa yang terucap, tidak selaras dengan apa yang diperbuat, maka itu tidak jujur. Nah, lucunya, tiba-tiba pikiran saya melayang-layang ke beberapa orang dekat yang tugas akhirnya belum selesai tanpa alasan. Alasannya ya malas, alasannya ya tidak dikerjakan itu skripsi. Padahal notabene mereka adalah aktivis dakwah yang juga mengajarkan akhlak seorang Muslim, yang mana salah satu akhlak itu adalah tidak malas, tidak menunda-nunda, memiliki waktu yang barokah, melakukan sesuatu yang bermanfaat, dll... Berarti jika memang alasannya adalah murni malas, tidak bersegera, dia bisa dikatakan pembohong dalam hal ini, tidak selaras antara yang ia ucapkan dengan perbuatan. Ini contoh saja...

Kembali ke topik, berangkat dari niatan itu, Saya pun membuat sayembara seru-seruan yang mana yang terbaik akan mendapat apresiasi berupa budget untuk beli buku. Karena ini kali pertama, saya masih sendirian, sehingga Saya yang berkuasa menentukan ketentuan penulisan dan menentukan pemenang, hehe. TAPI, ('tapi' dengan huruf balok menandakan penekanan hihi) ternyata justru Saya kesulitan menentukan pemenangnya, karena di awal memang Saya tidak membatasi kategori buku apa, gaya penulisan bagaimana, kriteria penilaian bagaimana, dsb dsb.. Maka dari itu, dengan ini Saya mengajak, siapa yang berminat, tanpa paksaan, ayok bantu Saya mengembangkan gagasan ini.

Maka dari itu, untuk kali pertama ini Saya mohon maaf karena menentukan yang terbaik adalah subyektif pandangan Saya, dengan kriteria penilaian ala Saya, hehe. Beberapa komentar sudah Saya kirim ke message masing-masing, bisa dikonsumsi sendiri.

Oh ya, ini dia mereka yang berpartisipasi dalam OWOB pekan pertama ini, 
1. Andita Ariestya Aryoko, Ayahku (Bukan) Pembohong
2. Merlita Herbani, Ilmu Instan Sukses Beriklan
3. Nurul Kafi, Dialog Mimpi dan Perdamaian
4. Betha Nurina, Jodoh Dunia Akhirat

Dan Pemenangnya ala Saya adalah Betha Nurina dengan Jodoh Dunia Akhirat :) 
Dalam tulisannya terdapat hal-hal yang memang Saya harapkan, yang bisa membuat pembaca tertarik untuk ikut membaca (bukan karena temanya ya!), dan yang penting adalah bahwa kesan yang ia ceritakan setelah membaca buku itu membuat pesan dari buku itu tersampaikan. 

Untuk komentar yang lain sudah Saya message ya, Barokallah untuk semuanya, baca terus, nulis terus, ikut terus, dan menangin terus budgetnya untuk beli buku... hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar