Selasa, 07 Januari 2014

Ada Eyang Wiwiek di Malang (Siapa belum tahu?)

Ada yang bernama Eyang Wiwiek Joewono di Malang, Saya juga baru tahu. Pertemuan dengan Eyang Wiwiek terjadi secara tidak sengaja ketika Saya ke IBF sendirian, kalau tidak salah saat itu tanggal 4 Desember 2013. Begitu memarkir sepeda motor, Saya langsung tertarik dengan apa yang disampaikan pembicara di acara yang sedang berlangsung yang mana pembicaranya adalah Eyang Wiwiek. Telinga Saya langsung 'hear catching' karena topik yang dibicarakan adalah parenting.

Ya memang materi tentang parenting itulah yang sedang Saya butuhkan saat itu, galau, kurang ilmu, kurang belajar.

Lalu Saya merekam nomer handphonenya, dan sempat diberitahu panitia bahwa ada kajian rutinnya yang untuk umum setiap hari Rabu jam 9 di daerah sengkaling. Saya tertarik untuk datang,, namun sampai akhir bulan Desember, rencana itu belum terealisasikan. Hingga kemudian ajakan dari Rina, akhwat yang tinggal di kontrakan Grimus sini datang.

Malam itu Saya ke kamar Rina dengan niatan mengecek buku yang ia pinjam dari Saya, kamarnya terbuka, Saya melongok, ternyata tidak ada orang di dalamnya. Tapi mata Saya menangkap ada buku bagus yang tergeletak di lantai, buku tentang parenting. Rina kemudian datang, kemudian obrolan tentang parenting pun mengalir. Ternyata ia mengambil skripsi tentang pendidikan anak dalam Islam. Lalu ia mengajak Saya untuk hadir di Eyang Wiwiek pada hari Rabu jam 9.

Alhamdulillah, baru saja ini pulang dari Eyang Wiwiek. Dan sangaaaatt banyak yang Saya dapatkan. Kalau dituliskan, tidak mungkin akan jadi satu judul. Namun, sebelum inspirasi itu hilang, Saya harus tuliskan dulu point-point utamanya, nanti akan diurai per judul. Hari ini temanya tentang Perkembangan Anak usia 6-12 tahun, namun topik pun melebar kemana-mana sesuai dengan pertanyaan.

  1. Usia 6-12 tahun adalah fase industri. Apa yang dimaksud fase industri? Ia mulai bisa berpikir 'menghasilkan sesuatu', 'membuat sesuatu', maka jangan sekalipun memberi komentar jelek atau buruk. Fase industri, seperti istilahnya adalah fase memproduksi sesuatu. Berbeda dengan fase setelahnya yakni fase produktif, yakni dimana apa yang ia hasilkan, apa yang ia kerjakan itu bermakna, produktif. nah, fase industri ini adalah gerbang menuju fase produktif, yang mana kalau kita gagal mendampinginya, maka pada fase produktif ia akan gagal juga menghasilkan sesuatu yang bermakna dalam kehidupannya.
  2. Usia di bawah 5 tahun adalah fase... Saya lupa istilahnya. Yang jelas, anak berusia di bawah 5 tahun adalah fase-fase di mana ia melakukan sesuatu hal yang bersifat insting, dan meniru. Jadi, penting untuk memberikan pemandangan yang baik-baik untuk anak, karena ia bertindak sesuai dengan apa yang ia lihat.
  3. Bagaimana jika anak di bawah 5 tahun mempunyai kebiasaan memukul ketika kesal
  4. Bagaimana membiasakan anak salim tanpa harus disuruh
  5. Bagaimana menghargai anak yang sudah lelah sepulang sekolah, karena orang tua seringkali berambisi agar anaknya pintak secara akademis, biasanya anak masih diikutkan les ini-itu
  6. Bagaimana membiasakan anak belajar dengan senang
  7. Bagaimana memancing anak cerita kegiatannya di sekolah
  8. banyakkkkk
ditunda dulu sambungannya karena ada urusan yang lebih mendesak untuk diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar